Laman

Thursday, April 7, 2011

WS Rendra Ajarkan Putu Wijaya Jangan Menyerah

JAKARTA - Meninggalnya penyair WS Rendra meninggalkan banyak kesan bagi teman-temannya. Salah satunya, Putu Wijaya. Seniman yang satu ini mengaku mendapat lima pelajaran dari Rendra.

"Ada lima hal yang saya dapat dari Rendra," akunya saat tahlilah 7 hari meninggalnya WS Rendra, Kamis (13/8/2009) malam.

Pertama, Rendra mengajarkan dirinya untuk mempertimbangkan tradisi. Kadang, katanya, tradisi ini diterima begitu saja, padahal ada yang tidak perlu.

Kedua, berani melawan. Artinya berani melakukan interpretasi, reposisi dan sebagainya. Ketiga, mengajarkan tidak pernah menyerah. Keempat, dia mengaku selalu diingatkan oleh Rendra, bahwa jika tidak ada sesuatu yang baru di dunia ini, lalu apa artinya kehadiran dia. Kelima, dia mengajarkan untuk kritis.

Bagi Putu, meninggalnya orang besar ditandai dengan kehidupan baru. "Semakin dia pergi, semakin dia hidup di dalam diri kita. Waktu dia ada, ya kita selalu mengandalkan dia," katanya.

Saat ini, dia memikirkan bagaimana anak-anak muda bisa melihat secara langsung karya-karya WS Rendra.

"Banyak anak-anak muda yang belum sempat melihat karya almarhum. Bahkan belum kenal sama sekali, karena dia sudah tidak ada. Saya pikir, bagaimana kita bisa mewariskan Rendra ini sebagai suatu ilmu, jangan sampai kita tuturkan hanya dongeng-dongeng saja," pungkasnya.

(uky)

sumber: http://celebrity.okezone.com/read/2009/08/14/33/248159/ws-rendra-ajarkan-putu-wijaya-jangan-menyerah

1 comment:

  1. apa c yang diinginkan dalam naskah “DEMOKRASI” karangan beliau
    mohon bantuan infonya….
    terimakasih :)




    Mixer Roti,
    hubungi
    085649846665

    ReplyDelete